PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DI BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA MELALUI REMBUG STUNTING DESA


Bulan Juli sudah melewati minggu pertama. Ini akan memasuki minggu ke dua. Sebagaimana perencanaan pembangunan desa, desa harus sudah siap-siap dengan kegiatan perencanaan pembangunannya untuk tahun n+1. Tahun ini 2024, artinya perencanaan kegiatan pembangunan, semua bidang tahun 2025 yang menjadi kewenangan desa, mulai dari bidang I pemerintahan, bidang II pembangunan, bidang III pembinaan masyarakat dan bidang IV pemberdayaan masyarakat dan bidang V tanggap darurat seharusnya sudah mulai berproses.

Rembug Stunting Desa Boyolali Kecamatan Gajah Kabupaten Demak

Untuk menjaring aspirasi para stakeholder utama dalam penanganan dan pencegahan stunting di desa, desa di hari-hari ini mulai awal Juli sudah mulai berkegiatan dalam lingkup perencanaan ini. Desa-desa di Kabupaten Demak sudah mulai melakukan musyawarah khusus penanganan dan pencegahan stunting dengan nama Rembug Stunting. Di mana proses ini bertujuan menjaring usulan-usulan kegiatan untuk kegiatan seputar kesehatan ibu dan anak, gizi terpadu, sanitasi dan air bersih dan lain-lain sampai dengan penguatan remaja putri dan calon pengantin, yang merupakan pilar pokok pencegahan stunting sudah mulai berproses.


Di Kecamatan Gajah, untuk menyonsong gawe ini, telah dilakukan persiapan berupa Rapat Kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM), di mana tujuan utamanya adalah penguatan KPM ini dalam memfasilitasi kegiatan Rembug Stunting Desa.

Rembug Stunting Desa Medini Kecamatan Gajah Kabupaten Demak

Selanjutnya, susul menyusul satu per satu desa-desa di Kecamatan Gajah menggelar Rembug Stunting Desa. Dari Desa Boyolai yang di awal bulan Juli sampai dengan Desa Sari terakhir sebagaimana informasi telah menjadwalkan Rembug Stunting Desa ini.

Para stakeholder utama dalam Rembug Stunting Desa ini adalah pihak-pihak yang riil terlibat dalam dinamika kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak, air bersih, lingkungan, pendidikan anak usia dini, calon pengantin dan remaja puteri.

Dengan dilakukannya Rembug Stunting Desa ini harapannya di Anggaran pembangunan desa (APBDesa) akan maksimal berisi kegiatan-kegiatan pembangunan yang berhubungan dengan pembangunan sumber daya manusia maupun penanganan dan pencegahan stunting.  

Lihat Contoh BA Rembug Stunting

Lihat Contoh KAK Rembug Stunting 

Lihat Contoh kegiatan-kegiatan penanganan dan pencegahan stunting di desa

Video Rembug Stunting Desa Medini  Desa Boyolali

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DI BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA MELALUI REMBUG STUNTING DESA"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan