METODA DAN MEDIA

METODA DAN MEDIAKita sudah sering mendengar tentang aneka ragam metoda dan media yang bisa dipakai dalam forum-forum peningkatan kapasitas. Dalam memahaminya seringnya kita campur adukkan menjadi satu, mana yang metoda dan mana yang media. Akibatnya dalam implementasi di lapangannya kita sering kurang pas menerapkannya.

Macam ragam metoda dan media sangat banyak diperkenalkan. Dari yang sederhana sampai yang untuk konsumsi forum pelatihan
khusus. Penggunaan metoda dan media sangat penting dalam menunjang pencapaian tujuan pelatihan atau peningkatan kapasitas. Namun sebagai orang lapangan, dalam memahami manfaat metoda dan media ini menurutku tidak hanya untuk keperluan saat pelatihan saja namun harus membantu kita dalam fasilitasi riil di lapangan bahkan harus bisa membantu kita dalam penyelesaian masalah.

Macam metoda dan media pelatihan
Seringnya pemanfaatan ini berhenti di ruang pelatihan saja dan pada saat menghadapi masalah metoda yang digunakan hanya ceramah dan media yang digunakan di seputar catatan dan rekaman proses kegiatan. Di lapangan banyak yang berkomentar “praktek itu beda dengan teori”.

Penggunaan metoda dan media yang kreatif itu berawal dari pemikiran positif dan sikap optimisme terhadap segala hal. Oleh karena itu pemdamping yang kreatif tidak mudah menyerah dengan komentar praktek beda dengan teori itu yang ujungnya proses fasilitasi lapangan berjalan tanpa gairah dan mati gaya.

Penggunaan metoda dan media yang kreatif dalam fasilitasi di lapangan atau dalam penyelesaian masalah harus didukung dengan sikap-sikap positif seperti; sabar, tidak menghakimi, optimis, membuka diri dan lain-lainnya. Juga tidak boleh ditinggalkan adalah strategi implementasinya. Karena ini semua hanya bisa berjalan bila pihak-pihak yang terlibat juga mendukung sehingga suasana dinamis positive tercipta di lapangan.

Sebelum lebih jauh membahas tentang metoda dan media, kita akan samakan dulu persepsi tentang metoda dan media ini. Dan masih ada satu lagi yang berhubungan langsung dengan metoda media ini yaitu alat bantu. Ketiga hal ini akan sangat mendukung kita dalam fasilitasi khususnya fasilitasi riil di lapangan pun dalam penyelesaian permasalahan.

Pengertian metoda
Pengertian media
Pengertian alat bantu

To be continued……

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "METODA DAN MEDIA"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan