RESUME MONITORING DESA WONOSARI DAN DESA BETAHWALANG KEC BONANG


SENTRA PENGOLAHAN ASAP IKAN “ASAP INDAH”
Dalam rangka dilakukannya identifikasi potensi untuk bantuan Kemendesa 2017 melalui Bumdesa
11 April 2017

Pendahuluan  
Resume ini adalah catatan singkat saat berada di lokasi dan saat kunjungan. Sehingga di masa berikutnya, akan banyak pelengkapan informasi di mana pada saat ini belum tergali.


            Gambaran umum
      SENTRA PENGOLAHAN ASAP IKAN dibangun oleh Dinas Kelautan di tempat tanah GG. Ada 76 unit pengasapan ikan/pindang dari penduduk desa. Aktivitas operasional “tidak pernah tidur”. Pemanfaat unit asap ikan tidak membayar (gratis)



 Produk
 Ikan yang diasap; kepala manyung, daging ikan manyung iris, ikan salem, ikan tongkol, ikan pe, dll. Ikan yang dipindang; ikan salem, ikan kembung, dll









3.       Pasar dan pemasaran
Pemasaran dengan cara diambil oleh pembeli
 

Manajemen
Belum ada simpulan bahwa ada struktur organisasi atau kelembagaan pengelola dan SOP nya. Diinformasikan pernah dibentuk Bumdesa pengelola kegiatan ini. Tapi perlu dicheck perdes, aktivitas operasional bumdesa, konstribusi riil terhadap PADes, dll





5    Operasional
Pengasapan ikan dengan bahan bakar janggel jagung, pola tradisional manual.


Keuangan
Disimpulkan belum dijumpai ada mekanisme pertanggungjawaban pengelolaan kepada masyarakat maupun kepada desa


7Situasi kondisi lingkungan sekitar
  Tampak tempat pembuangan sampah penuh dengan sampah plastik/buruk
 
Catatan penting:
1.       Lembaga Bumdesa yang diinformasikan  pernah didirikan belum tampak aktivitasmya. Perlu dicheck benar kondisi saat ini. Siapkah? menerima bantuan dari Kemendesa
2.       Bila memang bantuan akan dilewatkan Bumdesa, maka perlu pengkajian lebih dalam tentang pola hubungan antara Bumdesa dengan pemanfaat unit pengasapan ikan.
3.       Initial bantuan alat yang akan diperbantukan; dandang untuk membuat pindang ikan
4.       Tahun 2017 ini belum ada perencanaan keuangan desa (di APBDES) untuk dialokasikan ke Bumdesa

RESUME MONITORING DESA BETAHWALANG KEC BONANG
SENTRA PENGOLAHAN RAJUNGAN
Dalam rangka dilakukannya identifikasi potensi untuk bantuan Kemendesa 2017 melalui Bumdesa
11 April 2017




8.       Gambaran umum
Situasi perkampungan, pemukiman penduduk; penuh dengan sampah plastik, kumuh


9.       Produk
Rajungan, Daging rajungan


10.   Pasar dan pemasaran
Pemasaran dengan cara; mengirim rajungan ke Rembang atau
Mengirim daging rajungan ke Semarang untuk pasar Amerika, Jepang, dll

11.   Manajemen
Pengelolaan usaha masih sendiri-sendiri (perorangan)


12.   Operasional
Penangkapan rajungan di laut, direbus kemudian dijual langsung ke Rembang, dan ada 1 usaha yang mengupas/mengambil daging rajungan sendiri di Betahwalang.

13.   Keuangan
Belum ada penanaman modal dari desa.

14.   Situasi kondisi lingkungan sekitar
Banyak sampah plastik di sepanjang sungai, kumuh

Catatan penting:
5.       Lembaga Bumdesa belum dibentuk. Siapkah? menerima bantuan dari Kemendesa
6.       Bila memang bantuan akan dilewatkan Bumdesa, maka perlu pengkajian lebih dalam tentang pola hubungan antara Bumdesa dengan pemanfaat unit pengasapan ikan.
7.       Initial bantuan alat yang akan diperbantukan; perahu, bubu alat penangkap rajungan

8.       Tahun 2017 ini ada perencanaan keuangan desa (di APBDES) untuk pendirian Bumdesa




Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

4 Responses to "RESUME MONITORING DESA WONOSARI DAN DESA BETAHWALANG KEC BONANG"

  1. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK

    Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, itu semua dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara pada saya ranjang memikirkan tindakan saya berikutnya, saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata sehingga saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan, saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00, dan sisanya untuk Kemuliaan Allah, saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa, jadi orang yang saya sayangi jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin mengembangkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menelepon atau WhatsApp
     saya di +6282385590743 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

    ReplyDelete
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan