CATATAN KECIL DARI MENDAMPINGI ANGGOTA DPRD TABALONG KALSEL KE BUMDESA DEMAK

MEMETIK PEMBELAJARAN DARI KUNJUNGAN ANGGOTA DPRD TABALONG KE BUMDESA DEMAK


Satu lagi pengalaman belajar bisa kita dari forum diskusi dan tanya jawab dari kunjungan DPRD Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. Apakah itu?

 Kunjungan anggota DPRD Tabalong Kalsel ke Bumdesa Demak


Pertama, adalah “Bumdesa/Bumdesa Bersama akan eksis ketika visi misinya sejalan dengan visi misi kepala Desa”
Kedua, adalah “siapa yang sering melakukan paparan kepada orang lain, justeru dialah yang memetik pembelajaran terbanyak”.

 Bumdesa Demak


Banyak pembicaraan dari forum diskusi yang berlangsung saat kunjungan anggota DPRD Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. Dan banyak pula pembelajaran yang dipetik oleh pengunjung atau audience dari Tabalong ini, bisa jadi banyak oleh-oleh yang bisa dibawa ke Tabalong dari Demak. Dari aspek-aspek teknis, aspek regulasi dan aspek sosisal kemasyarakatan dan aspek-aspek lainnya dalam perBumdesaan. Dan syukur Alhamdulillah kita bisa memberikan informasi bermanfaat ke beliau-beliau yang berkunjung. Namun bagiku pembelajaran yang akan aku bahas di sini bukan tentang berita kunjungan. Akan tetapi pembelajaran yang berkaitan etos dan motivasi kerja. Aku merasa harus memberi underline untuk hal-hal tersebut di bawah ini.

Mari kita bahas satu per satu;

Pertama, adalah “Bumdesa/Bumdesa Bersama akan eksis ketika visi misinya sejalan dengan visi misi kepala Desa”

 Banyak Bumdesa lahir, dan akan terus bertambah seiring banyaknya pembicaraan tentang Bumdesa. Akan tetapi kehidupan organisasi atau lebih tepatnya keberlangsungan amal usaha dari unit-unit usahanya mempunyai area kritis saat disandingkan dengan dengan visi misi kepala Desa yang menjabat. Ini adalah keniscayaan di lapangan karena posisi Kepala Desa di organisasi ini sebagai Penasehat. Ke mana arah visi misinya.., seperti apa arah kebijakan pembangunan yang berkaitan dengan sosial ekonominya..., sejauh mana peran dan fungsi Penasehat itu dijalankan..kira-kira dinamika kehidupan Bumdesa akan sangat dipengaruhi hal-hal ini.

Bumdesa unit usaha produksi shuttle cock


Kedua, adalah “siapa yang sering melakukan paparan kepada orang lain, justeru dialah yang memetik pembelajaran terbanyak”.

Aku sangat meyakini tentang hikmah pembelajaran ini. Dan di setiap ada kesempatan mebicarakannya, aku selalu mengangkatnya menjadi underline.
Kebanyakannya anggapan orang, mendapat tugas untuk paparan kepada orang lain, kepada khalayak, kepada audience adalah beban yang hanya menyengsarakan. Memang akan benar-benar terjadi seperti demikian ini bila kita tidak buka hati dan fikiran kita menuju pribadi yang open mind. Hanya akan menyita waktu dan kesenangan kita dari upaya mempersiapkan sajian paparan ini.
Tetapi yang sering terlupakan adalah melihat sisi positif atau peluang dari kita melakukan paparan ini. Betapa berharganya ketika semua audience berpartisipasi memberikan masukan perbaikan atas kinerja yang sudah kita jalani selama ini tanpa kita harus susah-susah mengeluarkan ongkos, waktu dan tenaga secara khusus untuk belajar. Bahkan masukan-masukan itu bisa jadi tetap tidak bisa kita dapat di bangku belajar formal!



Betapa berharganya bila semua audience ke depannya bisa menindak lanjuti tentang tawaran-tawaran jejaring dari kita. Betapa berharganya kritikan bahkan hujatan yang kita terima untuk mematangkan jiwa tangguh kita. Dan hal-hal berharga lainnya. Dan yang sering terjadi dalam waktu paparan kita...kita sering mendapati aha! tentang suatu pemahaman, suatu pengertian, suatu hikmah di detik-detik saat kita melafalkannya, saat kita menyampaikannya kepada orang lain. Bisa jadi orang peduli, perhatian, acuh tak acuh dan bahkan tidak perduli dengan paparan kita. Tapi yang sudah pasti! Kitanya sendiri yang akan meningkat satu atau beberapa level kualitasnya setelah paparan itu.


Dan satu lagi yang aku underline di sini..yaitu pentingnya organisasi Bumdesa/Bumdesa Bersama membuat profile Bumdesa. Hanya dengan profile itu Bumdesa bisa menyampaikan informasi dengan ringkas dan menyeluruh. Di sini profile memegang peranan sebagai media komunikasi yang efektif. Untuk itu ayo Bumdesa-Bumdesa Demak sekali lagi buat, perbaiki profile Bumdesa kita. Untuk bisa dikenal lebih luas lagi di calon-calon mitra, calon-calon pengguna, calon-calon pembeli produk jasa usaha kita.

Salam Merdesa!!!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "CATATAN KECIL DARI MENDAMPINGI ANGGOTA DPRD TABALONG KALSEL KE BUMDESA DEMAK"

  1. pinjaman! pinjaman!! pinjaman!Apakah Anda mencari sebuah perusahaan terkemuka dan terakreditasi pinjaman pribadi yang menyediakan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup.Kami menawarkan semua jenis pinjaman sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, kredit mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman Bisnis, pinjaman investasi, hutang konsolidasi dan banyak lagi.Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya?Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? Tidak tampak lebih seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda dari masa lalu.Kami meminjamkan dana kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan pada tingkat 2%.Tidak ada nomor jaminan sosial yang diperlukan dan tidak ada pemeriksaan kredit diperlukan, 100% dijamin.Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan mendukung dan kami akan senang untuk menawarkan pinjaman.Kemudian kirimkan email ke: (anitagerardloanfirm@gmail.com) untuk mengajukan permohonan untuk pinjaman

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan