REUNI ESEMPE' LORO ESPERO 86 KENDAL

Reuni Esempe' Loro Esperto 86 
12 Februari 2017

REFLEKSI DAN RENUNGANKU SENDIRI
Tak terasa waktu bergulir begitu cepat. Sepertinya baru beberapa tahun lalu masa-masa SMP. Ternyata sudah 30 tahun berlalu! Sudah 3 dasa warsa! Banyak perjalanan hidup telah kita lewati tanpa pernah terpikirkan bisa bersua dengan teman seangkatan SMP dulu.
reunian espero 86 kendal
Banyak perjalanan hidup telah ditempuh oleh masing-masing kita. Perjalanan menjalani takdir kehidupan. Setidaknya masing-masing kita telah melewati masa remaja dengan segala ranjau-ranjaunya yang setelah aku melihatnya saat ini dari jarak ruang dan waktu yang berbeda ternyata banyak rintangan berbahaya yang sudah aku lewati dalam kurun waktu usia SMP dan SMA. Hewf..aku harus syukuri anugerah kehidupanku. Alhamdulillah wa syukurillah..aku masih dianugerahi usia dan keselamatan sampai hari ini.
Dan saat ini juga untuk yang kesekian kalinya disadarkan oleh event-event semacam ini bahwa aku saat ini harus menjadi orang tua dari anak-anak yang saat ini sedang menjalani masa-masa sepertiku dulu. Wahai alam semesta... bimbinglah anak-anak kami dalam menempuh masa-masa indahnya saat ini. Di tengah-tengah ganasnya buta-buta pinggir kehidupan yang siap melahap siapapun yang lengah iman dan lengah nilai-nilai kebaikan.

Dan yang pasti aku disadarkan oleh event-event semacam ini pula bahwa umurku semakin mendekati dengan ketiadaan....hmh..dan itu sudah terjadi di beberapa kawan seangkatan dulu. Setidaknya yang tercatat sudah dua belas kawan seangkatan yang sudah mendahului kami..beberapa saat ketika pertama kali melihat list itu aku tertegun..karena ada salah satu kawan yang waktu itu aku kagumi dan dia dia sangat baik kepadaku. Aku agak lupa, sepertinya kami dulu sebangku di kelas satu..ahh..aku benar-benar lupa.  Saat aku menulis ini, tak terasa mataku sudah basah... Do’aku untukmu kawanku Deni Prasetyo..semoga mendapat yang terbaik di alam sana.


Hikmah dari reunian ini bagiku...ada masa lalu...ada masa kini...ada masa depan. Masa lalu sudah tidak bisa aku apa-apakan. Hanya bisa aku syukuri dan ikhlaskan..dan tugas kehidupan untuk saat ini dan ke depan masih harus aku lanjutkan. Semoga kami-kami ini semakin bijaksana dalam memasuki masa menjelang lima puluh tahun. Upss!! Menjelang lima puluh tahun!! Kira-kira apa ya yang bisa dilakukan dengan modal sosial group espero 86 ini? Yang visi misinya ke depan.

Modal sosial. Iya..kita sepertinya secara tiba-tiba punya komunitas yang ini merupakan modal sosial yang cukup sebagai salah satu kendaraan capacity building kita di masa mendatang. Apakah ini bisa mengambil peran seperti ini, waktu biasanya yang akan meguji tentang dinamika kelompok seperti ini. Dan ketika sudah sampai di sini, visi misi group menjadi pembicaraan penting karena meskipun secara sederhana, kita sedang membicarakan organisasi yang di dalamnya ada orang-orang anggotanya. Dengan visi ini kita akan punya guiding stars yang akan membimbing gerak langkah ke depan. Sehingga akan menghidarkan kita dari bentuk gerombolan!! Yang tidak punya visi..

MONOLOG KU SENDIRI
Beberapa kawan punya harapan bahwa group seangkatan esempe ini akan ditingkatkan bentuknya menjadi group yang ada kegiatan positiv ke depannya. Dan aku setuju dengan ide ini. Aku belum tahu....dan mestinya para penggiat group ini mulai menggali reng-rengan konsep ke depannya akan dibawa menjadi seperti apa group ini. Biasanya kalau sudah sampai tahapan ini mulai sunyi..karena memang perlu ada konsep yang kongkrit dan aplikatif.
reunian espero 86 kendal

Sepintas aku pribadi punya lontaran, kira-kira begini bungkusan besarnya;
Menjadi wadah untuk berbagi, seperti thema reuni kemarin. Iya itu misi yang sangat mulia. Dan untuk bisa sustain dan continue maka harus ada pengorganisasian di awal. Dan sebagai embrio bisa menggunakan susunan panitia reunian kemaren yang sudah terbukti kinerjanya.
Selanjutnya mencari media untuk bertemu dan menggalang dana partisipasi, menggalang ide pengembangan. Yaitu pertemuan rutin periodik. Mungkin bisa bulanan di antara pengurus basecamp kendal dan periode tahunan untuk semua anggota. Dan bentuk kegiatan yang memungkinkan untuk menggalang dana maupun menggalang ide itu salah satunya adalah arisan. Tentu saja model arisan yang berkarakter benefit dan produktif. Agar kegiatannya berorientasi pada benefit/kemanfaatan dan produktif. Untuk itu perlu aturan main...


Aturan main arisan
1.       Besaran arisan 50.000,- (misal saja, bisa kurang dari ini, prinsip tidak memberatkan anggota)
2.       Janka waktu arisan; bulanan
3.       Transfer arisan ke rekening Bank .......a/n ....
4.       Setelah transfer harus konfirmasi ke WA ....nomor .......
5.       Transfer arisan tiap tanggal 1 s/d 20
6.       Setelah tanggal 20 akan diumumkan secara terbuka di group WA nama-nama yang belum setor iuran arisan
7.       Jumlah transfer wajib ditambah digit nomor urut. Misal Havik no. 15 maka jumlah yang harus ditransfer adalah 50.015,-
8.       Alokasi dana sosial  3.000,- yang peruntukannya diatur dalam aturan dana sosial
9.       Alokasi dana pengembangan 1.000,- yang peruntukannya diatur dalam aturan dana Pengembangan
10.   Alokasi dana kegiatan pengurus, ATK dan rapat 1.000,-
11.   Yang tidak iuran selama 3x secara berturut-turut dianggap gugur dan sisa dana akan dimasukkan dana sosial
12.   Yang sudah mendapat arisan kemudian macet akan diselesaikan dengan cara kekeluargaan

Aturan dana sosial
1.       Dana sosial disimpan di rekening.......atas nama .....
2.       Yang tidak ikut arisan, bila mau berinfaq,  bisa infaq di nomor rekening tersebut
3.       Peruntukan dana sosial;
a.    Santunan sakit keluarga inti (yang bersangkutan, suami/ istri dan anak) alumni Spero 86
b.    Uang duka bagi yang meninggal (yang bersangkutan, suami/ istri dan anak) alumni Spero 86
c.     Santunan anggota yang terkena bencana alam


Aturan dana kegiatan pengembangan

1.       Peruntukan dana kegiatan pengembangan; kegiatan promosi, jejaring dan semacamnya bagi usaha anggota
2.       Tempat penyimpanan dana kegiatan pengurus di rekening ......atas nama....(menjadi satu dengan dana sosial)


Aturan dana kegiatan pengurus, ATK dan rapat

1.      Peruntukan dana kegiatan pengurus untuk; konsumsi rapat, ATK, biaya pulsa, dll
2.      Tempat penyimpanan dana kegiatan pengurus di rekening ......atas nama....(menjadi satu dengan dana sosial)

Ini salah satu alternatif bila kita akan melanggengkan group ini menjadi kendaraan yang bisa beraktivitas kongkrit dalam jangka waktu yang lama.




Dan kalau ada ruang dan waktu yang memang disediakan untuk menggali ide semacam ini, mestinya masih banyak ide-ide positif yang bisa diwadahi di group espero 86 ini untuk mewujudkan visi berbagi dengan cara yang elegan.
Hmh...semua ini adalah keniscayaan..

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "REUNI ESEMPE' LORO ESPERO 86 KENDAL"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan