SAMBUT RAMADHAN DENGAN BANSOS UNTUK WARGA MISKIN DAN RENTAN DI DESA


Kegiatan tanggap darurat covid-19 yang dilakukan BUMDesa Sarimulyo Tujuan Sejahtera Desa Sarimulyo Kecamatan Kebonagung

Dengan keadaan saat ini yang harus ada pembatasan aktivitas fisik di sana sini, maka pergerakan warga masyarakat dibatasi. Semua orang, termasuk warga desa di Sarimulyo harus menjalani masa ini dalam rangka memutus rantai penyebaran covid 19. Sebagai akibatnya yang tidak terelakkan adalah warga miskin dan rentan di desa kesulitan mencari penghasilan.

Persiapan Bantuan Sosial BUMDesa Sarimulyo Tujuan Sejahtera untuk warga miskin dan rentan di desa

Sementara itu, saat seperti ini sudah mulai kelihatan tanda-tanda kerawanan sosial, kerawanan keamanan yang bagi warga miskin dan rentan semakin menambah kesulitan dalam mencari penghasilan untuk penghidupan mereka.
“Atas dasar inilah kami merespon keaadaan di desa kami, dan setelah melalui musyawarah khusus kami memutuskan untuk melakukan kegiatan sosial ini”, demikan dikatakan Pak Kholiq Direktur BUMDesa Sarimulyo Tujuan Sejahtera.
“Ini respon cepat kami atas keadaan warga miskin dan rentan di desa kami. Sebisa-bisanya kami membantu. Meskipun hanya sembako seperti ini, mudah-mudahan bisa membantu yang memang benar-benar membutuhkan, demikian imbuh Pak Kholiq

Pemberian bantuan sosial BUMDesa Sarimulyo Tujuan Sejahtera
Desa Sarimulyo Kecamatan Kebonagung
Sebagaimana diketahui bahwa tanggal 23 April 2020 BUMDesa Sarimulyo Tujuan Sejahtera Desa Sarimulyo mengadakan kegiatan Bantuan Sosial bagi warga miskin dan rentan desa. Bantuan ini berupa beras, telor, minyak dan mie rebus. Total dana yang dikeluarkan untuk kegiatan Bantuan Sosial ini adalah 11.000.000,- yang menjangkau jumlah warga penerima bantuan 120 warga.
“Semoga tepat sasaran dan bermanfaat bagi penerima, karena kami sudah melibatkan RT dalam menentukan calon penerima bantuan ini. Dan harapan kami selanjutnya, semoga BUMDesa-BUMDesa lain di Demak ini melakukan lebih baik dan lebih luas lagi kiprah sosial untuk warga miskin dan rentan yang terdampak akibat keadaan situasi pandemi covid-19 ini”, harapan yang disampaikan Pak Kholiq dan tim BUMDesa Sarimulyo.

BUMDesa Sarimulyo saat ini mempunyai unit usaha persewaan traktor, unit usaha pengelolaan jerami dan pengelolaan air bersih. Hasil-hasil dari usaha inilah yang digunakan untuk kegiatan dana sosial ini.

Sobat-sobat semua, khususnya BUMDesa-BUMDesa yang ada di Demak, semoga terinspirasi dari dinamika sosial yang ada di desa Sarimulyo. Di mana kegiatan ini juga merupakan misi “NGROGOH ROSO KAMANUNGSAN” kita. Bukan dari besar dan wujud dari yang diberikan ke masyarakat, tapi wujud nyata memberikan manfaat sosial untuk masyarakat desa sebagaimana visi adanya BUMDesa dilakukan di saat yang tepat. 

Pembelajaran yang kita ambil adalah bahwa sebagai sebuah lembaga usaha yang memungkinkan mengalokasikan dana sosial dari sumber labanya, sudah selayaknya BUMDesa mempunyai SOP pengelolaan dana sosial agar implementasi dana sosial efektif dan efisien.

BUMDesa lahir dari masyarakat desa, maka sudah sewajarnya pula bila dalam keadaan masyarakat desa butuh uluran tangan, maka BUMDesa merespon dengan kemampuan yang ada. Ini adalah sosial responsibility yang sejati.

Memang ketidak sempurnaan ada di sana sini, namun sejauh dilandasi dengan kemauan selalu berbenah dan ingin selalu menjadi pembelajar, maka semakin hari akan menjadi semakin baik. Semoga BUMDesa Sarimulyo semakin hari semakin lebih baik. Amiiin ya Robbal ‘alamiiin…

Salam merdesa!!!!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "SAMBUT RAMADHAN DENGAN BANSOS UNTUK WARGA MISKIN DAN RENTAN DI DESA"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan