BUMDESA SUROJOYO GELAR LPJ TAHUNAN… JOSS TENAN!!



Demak 6 Januari 2020

War biasa!!! Hebat poll!! untuk BUMDesa ini. Begitu aku dengar kabar sriwing-sriwing tentang kegiatan BUMDesa di salah satu desa di Kecamatan Gajah ini, langsung saja aku tancap gas ke sana. Selak pengin lihat dinamika yang terjadi di Desa Surodadi tentang pengelolaan BUMDesa. Tentang dinamikanya dalam pengelolaan unit usaha, pengelolaan keuangan, kemanfaatan untuk masyarakat dan cerita seru lain tentunya. Ternyata janji ketemuan hari ini yang sudah direncanakan pagi hari harus tertunda karena ini itu yang juga harus aku segerakan juga. Dan dengan ijin Gusti Allah dan alam semesta Demak akhirnya sampai juga aku ke Desa Surodadi di siang dan sore harinya.

Setelah beramah tamah dengan team BUMDesa Surojoyo sebentar, aku segera gali informasi tentang EVAPERCA dan LPJ BUMDesa ini yang menurutku war biasa ini! Di sana sudah ada orang-orang hebat yang saat ini dipercaya masyarakat Desa Surodadi dalam mengelola BUMDesa, yaitu Mas Ali Rahmadin sebagai Direktur BUMDesa bersama team. Hadir juga di sini Pengawas Bumdesa Mas Sulkan.

Mari sobat kita simak cerita singkat apa yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh BUMDesa Surojoyo ini sampai dengan hari ini....

Sejak berdiri tahun 2017 BUMDesa Surojoyo memiliki unit usaha 1. unit usaha Persewaan alat konstruksi 2. unit usaha pertanian 3, unit usaha Persewaan gedung serba guna dan 4. Unit usaha pengelolaan sampah. Namun yang beroperasi sampai dengan 2019 ini baru unit usaha persewaan alat konstruksi; molen, begesting, jack hammer, stemper, pemotong besi di mana semua ini adalah pengelolaan alat yang pada waktunya dulu dibeli oleh desa dari sumber dana transfer Bantuan Gubernur tahun 2017, tahun 2018. Dari semula alat-alat ini oleh desa memang diperuntukkan untuk modal BUMDesa berupa modal peralatan (berujud asset).  

“Ini adalah LPJ tahunan kami yang ke dua, yang pertama tahun 2018 lalu dan yang ke dua tahun 2019 ini, kami menggelar Lpj Tahunan 2019 hari Kamis malam Jumat jam 19.30 WIB (Ba’da Isya) sampai selesai  di Balai Desa Surodadi “begitu kata Mas Ali Rahmadin Direktur BUMDesa Surojoyo.

Sebelum digelar LPJ Tahunan ini telah dilakukan kegiatan EVAPERCA (EVALUASI DAN PERENCANAAN) yang digelar oleh pengurus beserta semua team yang terlibat yang diselenggarakan pada akhir Desember 2019. Kegiatan EVAPERCA ini dimaksudkan untuk merembug segala sesuatu yang harus di LPJ kan berupa laporan keuangan dan penjelasan-penjelasan seputar keuangan dan kegiatan yang telah dilakukan selama periode tahun buku 1 Januari s/d 31 Desember 2019.

Maka siaplah BUMDesa Surojoyo untuk menggelar LPJ Tahunan BUMDesa. “Tahun 2018 kami memperoleh laba sebesar Rp. 4.372.000,- Dari unit usaha Persewaan alat bangunan. Untuk tahun ini kami memperoleh laba Rp. 12.240.000,- dengan pengalokasian laba 25% untuk penambahan modal, 25% untuk PADes, 25% untuk insentif pengurus, 10% untuk peningkatan kapasitas dan 15% untuk dana social dan semua ini kami sampaikan dan serahkan langsung di acara LPJ itu”, kata Mas Ali Rahmadin lagi.
Ini war biasa!!! War biasahhh!!! Josss tenan!!

Terlepas dari kekurangan, ketidaksempurnaan pengelolaan kelembagaan maupun pengelolaan usaha, menggelar LPJ Tahunan ini sudah sebuah prestasi besar!!. Sebab dengan disusun laporan dan di floorkan di Forum tingkat desa maka kepercayaan masyarakat kepada pengurus akan terpupuk. Dukungan yang diharapkan dari berbagai pihak bisa dikomunikasikan. Sosialisasi tentang produk barang dan jasa, kritik, masukan, saran dan lain-lainnya ada tempat untuk berkomunikasi. Maka kesuksesan yang diharapkan hanya tinggal menunggu waktu. Bukankan perencanaan yang baik itu adalah separuh dari kesuksesan. Ditambah dengan koordinasi dan leadership yang baik maka sukses besar telah menanti!

Dari usaha persewaan alat bangunan sudah demikian dinamikanya dan sudah dipublikasikan. Unit usaha berikutnya yang kita tunggu kiprahnya adalah unit usaha pertanian dengan kegiatan produksi pupuk dan unit pengelolaan sampah. Ini adalah unit usaha yang potensial di mana pupuk sangat diperlukan di Desa Surodadi yang dominan dengan areal persawahan sedangkan pengelolaan sampah juga merupakan usaha social (social business) di mana tidak hanya hasil ekonomi yang diperoleh tapi lingkungan bersih dan sehat akan dengan sendirinya tercipta.

Demikian sobat pembelajaran yang kita peroleh dari BUMDesa Surojoyo. Sekali lagi selamat atas kerja amanah yang telah dilakukan dan semoga sukses di tahun 2020 ini dan tahun-tahun selanjutnya. Semoga cerita ini menginspirasi BUMDesa-BUMDesa lainnya untuk segera menggelar EVAPERCA dan cus ke LPJ Tahunan. Karena memang begitulah seharusnya praktek sebuah usaha yang modalnya berasal dari publik (baca: Desa). Sehingga ada pertanggungjawaban, ada perencanaan pendapatan dan biaya (rencana laba rugi). Tidak hanya rencana biaya saja....

Kita tunggu cerita dari BUMDesa lainnya next time...Wassalam,,, Salam merdesa!!!!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "BUMDESA SUROJOYO GELAR LPJ TAHUNAN… JOSS TENAN!!"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan