Membangun dinamika pembinaan untuk kelompok RTM

Membangun dinamika pembinaan untuk kelompok RTM - Hari ini, rabu 17 Februari 2016, bagiku sangat berkesan. Di mana sudah lama aku berharap bisa bertemu dengan para pegawai Negeri sang pamong praja, di bidang-bidang yang terkait dengan pembinaan masyarakat miskin perdesaan. Buah pikiran-buah pikiran pembinaan untuk masyarakat miskin sering aku obrolkan, sering aku tulis dan menjadi misi kerja dan misi pribadi. Akhirnya kesampaian juga aku sampaikan ke sang pamong praja itu yaitu perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten Brebes ini.  Apakah yang aku sampaikan ini akan ada tindak lanjutnya? Aku hanya bisa berharap dan mohon pada Tuhan semoga segala sesuatunya dimudahkan dan atmosfer di Brebes akan perpihak pada topic yang aku sampaikan.

Rapat koordinasi di Bappeda Brebes topik kelanjutan pembinaan pemanfaat paska PKKPM


Rasanya senang di hati..satu lagi aktualisasi diri ini yang aku dedikasikan untuk pemberdayaan masyarakat miskin bisa terjadi hari ini. Ini hari istimewa bagiku. Aku patut bersyukur. Bisa jadi bagi orang lain it is nothing special, it just regular meeting. No. it is not!.

Rapat koordinasi dengan SKPD topik pembinaan pemanfaat PKKPM secara berkelanjuta

Yang sering diperbincangkan dalam forum rapat penanggulangan kemiskinan adalah sulitnya menurunkan angka kemiskinan. benarkah demikian? Yang sulit itu sebenarnya merubah mindset, pola pikir yang akan merubah perilaku dan mental miskin seseoarang. Dan ini memang bukan perbincangan sembarangan. Menurutku angka kemiskinan akan naik dan turun janganlah menjadi consern kita. Yang harus jadi concern kita mestinya perubahan mindset Lebih fokusnya adalah mindset stakeholdernya dulu. Mindset pribadi-pribadi yang berkedudukan sebagai stakeholder Pembina RTM ini dulu. Selama pola pikir atau mindset stakeholder ini tidak berubah, yah tangeh lamun atau gak bisa diharapkan hasilnya baik.

Rakor dengan SKPD Brebes


Pokoknya dari kesempatan ngomong sama SKPD ini, satu lagi misiku terlampaui. Dan ini adalah permulaan proses membangun dinamika. Sedangkan kita tahu tahapan pemberdayaan itu harusnya sampai di titik membangun dinamika ini. Tidak akan berdampak banyak ketika dinamika kegiatan paska program tidak berjalan. Yang terjadi hanya seperti pasar malam, dan pasar malam tidak pernah ada hasil perubahan mindset.

Rakor dengan SKPD terkait Brebes


Senang sekali mendengan SKPD koperasi dan ukm share program-programnya, SKPD peternakan, SKPD dinsos, SKPD pertanian dan lainnya. Meskipun spontan langsung tampak kendala di depan mata, tapi setidaknya tahu kendalanya, untuk kemudian focus mencari solusinya.  Dan aku masih akan bicara-bicara tentang “sosial marketing” seperti ini dengan Bappeda Brebes. Tentang data, tentang strategi komunikasi paska pertemuan ini dan lain-lainnya. Ini permulaan yang baik sepertinya...

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Membangun dinamika pembinaan untuk kelompok RTM"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan