RTM Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan

Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan
RTM Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan23 November 2015, telah dilaksanakan pelatihan membuat kerajinan tangan (handy craft) di desa Kluwut Kecamatan Bulakamba. Sepintas kegiatan pelatihan ini seperti kegiatan remeh temeh. Karena yang nampak hanya sekumpulan orang dengan suasana yang cenderung sepi. Hanya sesekali terlihat percakapan yang dilakukan secara langsung. 

Tapi setelah aku perhatikan secara langsung, dengan diam sejenak mengamati apa yang sedang berlangsung, ternyata aku jadi gak mau beranjak dari situ. Karena yang sedang berlangsung adalah sesi membuat bunga-bunga dari bahan dasar sabun mandi. Luar biasa!! Memang bukan pelatihan yang penuh dengan hingar bingar ceremonial. 
Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan

Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan

Di pelatihan ini bisa digambarkan denga ungkapan “sepi suara, ramai keterampilan tangannya”. Benar saja, karena dalam waktu efektif 5 hari, telah disampaikan materi membuat macam-macam kerajinan tangan, yang mana kerajinan tangan ini diyakini akan banyak dibutuhkan masyarakat desa kluwut sendiri karena barang-barang kerajinan ini merupakan barang yang harus ada di saat upacara lamaran maupun pernikahan. Barang tersebut adalah: tempat lamaran, berbagai hiasan lamaran.

Yang menarik perhatianku saat itu adalah sesi membuat bunga dengan bahan dasar sabun mandi. Sampai-sampai aku sendiri tak tahan rasanya untuk tidak ikut mencoba membuatnya seperti peserta pelatihan lainnya. Dan yang sangat membuatku tidak beranjak dari tempat pelatihan ini adalah; ternyata dari ke 3 (perserta), aku ketahui 1 adalah ibu yang tidak bisa baca tulis alias buta huruf. Aku tahu ini karena aku pernah berkesempatan bertemu sebelumnya di waktu pembentukan kelompok pertama kali sekitar bulan Mei 2015 dan beberapa minggu lalu saat mendampingi tim dari propinsi mengunjungi kelompok. Ini sangat menarik perhatianku. 

Dan satu hal lagi..ternyata di situ ada satu ibu yang dia berasal dari desa tetangga yang notabene bukan lokasi sasaran program. Tapi dia sangat antusias mengikuti pelatihan ini seperti peserta yang dari desa kluwut. Ada saja kejadian-kejadian lapangan yang membuat kita harus memaklumi inilah dinamika riil yang di lapangan. Si panitia dan narasumberpun tak kuasa untuk tidak memfasilitasi ibu yang dari luar desa ini layaknya peserta lainnya.


Dan ketika aku coba sempatkan perhatianku untuk melihat lebih dekat tentang kegiatan ini sekaligus berpraktek sama seperti peserta yang lain, maka barulah aku bisa bilang; ini bukan hal remeh temeh. Ini hal besar, yang kalau dikuasai ibu-ibu ini bakal bisa menjadi sumber penghasilannya. Karena tidak semua orang bisa melakukannya, sementara potensi permintaan barang-barang itu cukup banyak saat bulan-bulan hajatan. Bila mereka serius menekuni keterampilan ini, mereka akan menjadi supplier barang-barang kerajinan yang berhubungan dengan pernikahan, lamaran manten dan kegiatan sejenisnya.

Aku coba ikuti instuksi dari bu neni instruktur pelatihan ini. Dan ternyata hasilnya sangat menggembirakan. Aku bisa menyelesaikan tugas membuat bunga mawar dengan bahan dasar sabun mandi padat. Prosesnya adalah demikian, sebagaimana yang aku salin dari catatan salah satu ibu peserta;

Bahan-bahan membuat kerajinan tangan dari bahan sabun

Sabun mandi give   : 1 buah
Tepung maisena     : ¼ kg
Pewarna asturo      : secukupnya
Pita                          : secukupnya
Floratif                    : secuupnya
Daun-daunan          : secukupnya
Kawat                      : secukupnya
Plastic parcel          : secukupnya
Parutan keju            : 1 buah

Proses;
  1. Sabun mandi batangan diparut dengan parutan keju
  2. Sabun mandi hasil parutan dicampur dengan tepung maisena
  3. Kemudian dikasih air dan pewarna
  4. Kemudian dicampur dengan tangan sampai merata.
  5. Setelah itu dimasukkan ke plastic dan didiamkan selama 1 jam
  6. Setelah itu dicampur lagi sampai dipastikan merata
  7. Lalu mulai membuat bunga sesuai selera.


Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan

Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan

Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan


 Seri; pelatihan membuat berbagai kerajinan tangan


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "RTM Membuat Kerajinan Tangan untuk Kelengkapan Pernikahan "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan